Monday 6 April 2015

Temporo Mandibular Joint

Komponen Penyusun Temporo Mandibular Joint (TMJ)




TMJ terdiri dari beberapa bagian yang terpenting, antara lain:
a.    Kondilus mandibula
Kondilus mandibula mempunyai letak dan posisi yang paling baik untuk bekerja sebagai poros dari pergerakan mandibula. Kondilus orang dewasa berbentuk elips serta kasar, dengan sumbu panjang yang bersudut ke belakang antara 15-30 derajat terhadap bidang frontal. Ukuran dan bentuk kondilus mandibula bervariasi.
       b.    Diskus artikularis
Letak kondilus mandibula tidak berkontak langsung dengan permukaan tulang temporal, tetapi dipisahkan oleh suatu diskus yang halus yang disebut dengan diskus artikularis. Diskus artikularis terletak antara kondilus mandibula dan fosa glenoidalis. Fungsi diskus tidak hanya berperan sebagai pembatas tulang keras tetapi juga sebagai bantalan yang menyerap getaran dan tekanan yang ditransmisikan melalui sendi, dan mencegah tulang saling bergesekan ketika rahang bergerak.
c.    Fossa glenoidalis
Kondilus mandibula membentuk persendian dengan bagian tulang temporal pada dasar kranium. Bagian dari tulang temporal ini berbentuk cekungan yang ditempati kondilus mandibula. Bagian inilah yang dikenal sebagai fossa glenoidalis. Pada bagian dalam dari fossa ini, tulangnya sangat tipis (Dipoyono, 2008).
d.   Kapsul sendi
Kapsul sendi menutupi diskus artikularis. Kapsul ini pada bagian atas menempel pada rim fossa glenoidalis dan eminensia artikularis. Pada bagian bawah menempel pada leher kondilus.
e.    Ligamen-ligamen sendi
Ligamen merupakan jaringan ikat fibrous avaskuler yang kuat. Ada tiga ligamen yang berkaitan dengan TMJ, yaitu ligamen temporomandibula, ligamen sphenomandibula, dan ligamen stilomandibula.
f.       Membran sinovial
Membran sinovial adalah membran sekretori khusus yang menyediakan nutrien, pelumasan dan pembersihan untuk permukaan-permukaan sendi. Permukaan artikular dari sendi dilumasi dan mendapat makanan dari cairan sinovial yang dikeluarkan ke kompartemen sendi oleh membran sinovial. Membran sinovial membatasi permukaan dalam kapsul dan diteruskan dari kapsul ke bagian-bagian tulang dari sendi sampai ke pinggir permukaan artikular.
g.    Otot-otot mastikasi
TMJ juga dikontrol oleh otot, terutama otot pengunyahan, yang terletak di sekitar rahang dan sendi temporomandibula yaitu otot maseter, otot temporalis, otot pterigoideus lateralis dan otot pterigoideus madialis .
h.    Suplai pembuluh darah dan saraf dalam TMJ
Suplai saraf sensoris ke sendi temporomandibula didapat dari nervous auriculotemporalis dan nervous masseter cabang dari nervous mandibularis. Jaringan pembuluh darah untuk sendi berasal dari arteri temporalis superficialis cabang dari arteri carotis externa.







"catatan"
( makalah Biomat bab 2 isi klik this link "gooo"
( Glomerulonefritis klik this "gooo" )
( Urinaria klik this "gooo" )
( water ionizer klik this link "gooo")
( resep makanan china klik this "petai china" )
Dental Plan

 daftar entri lain : 

No comments:

Post a Comment