Wednesday 6 May 2015

Penyebab Temporomandibular Joint (TMJ)



    Kelainan pada sendi temporomandibular bisa mengenai sendi dan otot-otot yang berada disekitarnya. sebagian besar penyebab dari kelainan sendi temporomandibuler adalah gabungan dari ketegangan otot dan kelainan anatomis pada sendi, kadang disertai faktor psikis. kelainan ini paling sering terjadi pada wanita berusia 20-50 tahun. gejala-gejalanya bisa berupa sakit kepala, nyeri tumpul pada otot-otot pengunyah dan sendi keceklik atau terkunci. kadang nyeri lebih dirasakan di dekat sendi daripada di dalamnya. kelainan sendi temporomandibuler bisa merupakan penyebab sakit kepala yang hilang-timbul, yang tidak memberikan respon terhadap pengobatan medis yang biasa.

Ciri Fisik Perjalanan Penyakit TMJ
    Selama mengunyah, pergerakan mandibula secara spesifik seperti pergerakan dua sendi temporal mandibular. Sisi dari mandibular yang bergerak ke lateral mengarah pada gerakan rotasi, sementara bagian yang lain mengarah ke salah satu yang lain agar seimbang pada sisi yang lain.
Setiap sendi di dalam tubuh memiliki gerakan  yang terbatas. Jika rahang terbuka terlalu lebar pada waktu yang lama atau terbuka secara tiba-tiba, ligamen bisa tersobek. Bahkan ketika rahang terbuka secara normal, ada dislokasi sebagian di sendi temporal mandibular. Bagaimanapun juga, rahang terbuka di luar norma nya, dislokasi bisa terjadi.

Tanda dan Gejala :

·         Mengurangi kemampuan membuka rahang ( hypomobility )

·         Nyeri saat diam atau istirahat atau rahang di buka/di tutup

·         Rahang berbunyi dengan di buka atau di tutup

·         Gigi sensitif

·         Gigitan tidak nyaman

·         Sakit kepala terus menerus


Catatan :

No comments:

Post a Comment