Wednesday 6 May 2015

PENGOBATAN DAN TERAPI UNTUK GANGGUAN TMJ DAN TM DISORDER


Sebagian besar masalah di sendi rahang dapat dibantu dengan perawatan sederhana seperti obat penghilang rasa sakit dan nasihat mengenai bagaimana untuk beristirahat bersama. Ada berbagai perawatan yang sering digunakan dalam kombinasi:

Istirahat sendi rahang, Anda bisa beristirahat bersama dengan makan makanan lunak dan tidak menggunakan permen karet. Juga, hindari membuka mulut sangat lebar - jadi jangan lakukan terlalu banyak menyanyi, dan cobalah untuk tidak menguap terlalu luas. Memijat otot dan menerapkan kehangatan dapat membantu.Pengobatan lain adalah relaksasi dan mengurangi stres terapi - mungkin karena orang cenderung mengepalkan rahang mereka ketika mereka sedang stres, atau karena stres membuat sakit parah.

Splints atau 'menggigit penjaga "kadang-kadang disarankan . Ini menutupi gigi pada malam hari untuk mengurangi mengepalkan dari rahang, dan dapat dibuat oleh dokter gigi. Ada bukti yang pasti dari penelitian cobaan yang mereka bekerja, tetapi beberapa orang mengatakan bahwa mereka menemukan splints membantu.

Tablet atau obat-obatan, Obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol, ibuprofen atau kodein bisa membantu. Jika hal ini tidak cukup, relaksan otot atau dosis kecil obat yang disebut 'trisiklik antidepresan' dapat memberi rasa sakit ditambahkan.

Pengobatan kondisi lain, Jika ada kondisi yang mendasari, misalnya, suatu jenis radang sendi yang memberikan kontribusi kepada gangguan TMJ, ini mungkin perlu memperlakukan dalam dirinya sendiri.

Suntikan atau pembedahan, Suntikan steroid ke dalam sendi dapat membantu, ketika gejala yang disebabkan peradangan pada sendi. Jika otot-otot rahang yang terlalu aktif tingkat yang parah (seperti dengan gerakan gangguan), suntikan toksin botulinum dapat mengurangi gejala. Ada perdebatan mengenai seberapa efektif pengobatan ini.Untuk sangat sedikit pasien, pembedahan untuk sendi rahang dapat mengusulkan. Berbagai operasi yang berbeda dapat dilakukan, tergantung pada situasi individual.
 

Terapi Temporomandibular Joint (TMJ)
Rahang latihan dan fisioterapi dapat membantu otot-otot rahang untuk bekerja lebih baik sehingga ada sedikit ketegangan pada daerah sendi rahang. Ada informasi tentang latihan dari bagian informasi lebih lanjut di bawah ini.
Terapi

·         Jaw rest

·         Terapi panas & dingin

·         Obat2 an

·         Terapi fisik

·         Manajemen stress

·         Terapi oklusal

·         Forensic kelainan gigitan

·         Operasi






Terapi dasar : lembar panas & dingin, makan makanan lunak, minum obat, penjagal malam, menjalani perawatan yang kolektif, menghindari gerakan rahang, belajar teknik relaksasi
  • Perawatan Transcutanius
  • USG
  • Trigger titik suntikan
  • Terapi gelombang radio
  • Pembedahan
  • Operasi gabungan
  • Nyeri yang 2 hari : compress dingin 5-10 menit 4X sehari
  • Nyeri pada hari 3 : berikan pemanasan slm 20  menit 2-4 X sehari dgn handuk hangat
  • Massage dan stretching  pada otot wajah.

No comments:

Post a Comment